8 Kesalahan Fresh Graduate Dalam Interview Kerja

kesalahan

Kali ini kita akan membahas 8 kesalahan fresh graduate dalam melakukan interview kerja. Banyak para fresh graduate yang tidak mempersiapkan diri kala menghadapi interview, padahal interview merupakan salah satu proses yang paling penting untuk dilalui pencari kerja. Oleh karena itu, kami sudah merangkum 8 kesalahan yang sering dilakukan fresh graduate dalam menghadapi wawancara kerja.

1. Tidak melakukan research

Melakukan research merupakan hal yang sangat penting. Karena kita sebagai pelamar harus tahu hal-hal yang berkaitan dengan perusahaan. Misalnya culture kerjanya seperti apa, range gaji berapa, perusahaan tersebut sedang mencari karyawan yang bagaimana dan sebagainya. Ketika kita tidak melakukan research berarti kita mempersiapkan untuk gagal dalam interview kerja.

2. Datang Terlambat

Datang terlambat ketika wawancara kerja bisa menjadi kesalahan yang fatal. Pertama, pewawancara akan terganggu dalam menjadwalkan interview ulang karena harus menunggu kehadiran kita. Yang kedua, dapat menyebabkan kerepotan dalam menyusun antrian dengan peserta yang lain. Hal ini dapat menyebabkan proses interview menjadi molor dan tidak efektif. Selain itu, dengan kita datang terlambat dan tergesa-gesa masuk ke ruangan akan membuat kita tidak rileks dan dapat membuyarkan jawaban-jawaban yang sudah dipersiapkan sebelumnya.

3. Tidak menjadi diri sendiri

Terkadang di dalam interview, entah dengan sadar atau tidak, kita suka membagus-baguskan diri kita. Padahal hal ini sangat dilarang dalam interview dan sebaiknya dihindari. Jadilah diri sendiri seperti apa yang telah kita tulis di curriculum vitae. Pewawancara akan dengan mudah mengetahui apabila kita terlalu melebihkan diri. 

4. Grogi dan tidak percaya diri

Gugup, grogi dan tidak percara diri dapat mempengaruhi kualitas interview kerja kita. Oleh karena itu, sebaiknya kita melatih diri untuk mengontrol emosi dan grogi. Yang perlu digarisbawahi adalah bahwa grogi dan tidak percara diri merupakan hal yang wajar terjadi. Pun hal ini juga akan terjadi kepada pelamar lain. Oleh sebab itu, berlatih mengontrol rasa gugup ini merupakan sebuah keharusan. Beberapa tips mudah untuk mengatasi rasa grogi ini antara lain dengan berlatih mengatur nafas, tersenyum dan merubah postur ketika duduk menjadi lebih tegap.  

5. Hindari sikap arogan

Sikap arogan merupakan sikap yang sombong atau congkak dan disertai dengan sikap sedikit memaksakan kehendak kepada orang lain. Sikap seperti ini sangat tidak disukai HRD perusahaan. Hindari sikap seperti ini dan jadilah lebih down to earth.

6. Menanyakan Gaji

Gaji merupakan hal penting dalam wawancara kerja. Mungkin saja kita sudah membaca beberapa tips mengenai negosisai gaji ketika interview. Namun bila kita masih fresh graduate, sebaiknya kita tidak menanyakan terlebih dahulu besaran gaji. Biasanya perusahaan sudah menetapkan range gaji tertentu bagi fresh graduate. Jadi seharusnya kita sudah research agar tahu lebih dahulu kisaran gaji perusahaan tersebut. Apabila nanti pewawancara membahas gaji terlebih dahulu, barulah kita bisa mencoba negosisasi. 

7. Menanyakan Cuti

Terkadang pelamar fresh graduate menanyakan mengenai cuti kerja. Sebagian HR menganggap hal ini melewati batas. Kenapa? Karena kita belum diterima di perusahaan tersebut tapi sudah menanyakan tentang cuti. Hal ini dapat memberikan kesan bahwa pelamar memiliki potensi untuk sering bolos kerja. Sebagai pencari kerja, seharusnya sudah tahu bahwa menurut undang-undang, cuti sebanyak 12 hari untuk 1 tahun. Beberapa perusahaan akan berbeda kebijakan tapi tidak akan jauh dari range hari tersebut. Jadi sebaiknya hindari menanyaka tentang cuti. 

8. Kurang tidur

Sebelum interview kita harus mempersiapkan diri kamu terlebih dahulu. Sarapan yang cukup dan juga tidur yang cukup. Persoalan kurang tidur ini walaupun kelihatan sepele dapat menjadi faktor penentu performan ketika interview. Tidur yang cukup dan berkualitas akan membuat kita lebih segar dan terlihat bersemangat dalam menjawab setiap pertanyaan yang diajukan. Semangat inilah yang dapat memancarkan aura positif dan membuat HR lebih senang.

Itulah tadi 8 kesalahan yang umum dilakukan oleh fresh graduate. Dengan membaca ini, diharapkan dapat memberikan manfaat serta menambah insight baru sehingga pelamar kerja khususnya fresh graduate dapat lebih maksimal dalam proses wawancara.

You May Also Like