Deprecated: Function wp_get_loading_attr_default is deprecated since version 6.3.0! Use wp_get_loading_optimization_attributes() instead. in /www/wwwroot/pcpm34rekrutmenbi.id/wp-includes/functions.php on line 6031

Cara Memulihkan Akun Google Setelah di Reset Lupa Sandi

Pernahkah Anda ketika melakukan faktory reset atau merubah ponsel ke setelan pabrik semua file dan data didalamnya hilang tanpa tersisa sedikitpun?

Jika pernah, hal tersebut sangat wajar karena merubah sistem ponsel ke setelan pabrik akan mengakibatkan semua data dalam ponsel akan di reset seperti baru lagi.

Oleh karena itu, sebelum melakukan factory reset sebaiknya Anda membackup terlebih dahulu semua data dan file didalamnya terutama akun Gmail Google.

Lantas bagaimana kalau saya terlanjur melakukan reset ponsel tanpa membackup data? Apakah ada cara memulihkan akun Google setelah di reset dengan cepat dan mudah? Simak ulasan berikut ini.

Manfaat Factory Reset di Ponsel

Pemulihan akun Google
Pemulihan akun Google

Sebelum melanjutkan ke pokok pembahasan yaitu cara memulihkan akun Google setelah di reset lupa sandi, sebaiknya kenali dulu manfaat factory reset pada ponsel dibawah ini.

1. Mempercepat Kinerja Ponsel

Melakukan reset data atau merubah ponsel ke setelan pabrik bisa membuat performa dan kinerja website meningkat seperti baru. Namun ketika pengguna ingin melakukan reset data pada Smartphone, harus siap kehilangan seluruh data yang ada didalamnya.

Oleh karena itu, disarankan pengguna untuk membackup terlebih dahulu data-data penting kedalam flashdisk atau dipindah pada ponsel yang lainnya.

2. Ponsel Bersih dari Virus Malware

Manfaat factory reset di HP bisa berfungsi untuk membersihkan virus-virus yang berada dalam ponsel. Dengan begitu pengguna tidak akan merasa risau jika ponsel terkena virus malware atau virus lainnya.

Bisa menjadi solusi terbaik melakukan factory reset atau mengubah ponsel ke setelan pabrik jika sebelumnya HP sudah terjangkit virus-virus berbahaya.

3. Menghapus Aplikasi dan Data sampai Akar-akarnya

Tidak hanya membersihkan dari virus saja, manfaat factory reset HP lainnya juga bisa menghapus seluruh aplikasi yang terinstall dan menghapus data sampai ke akar-akarnya sampai bersih tanpa tersisa.

Bagi Anda yang mengalami masalah penyimpanan hampir habis bisa melakukan reset data atau merubah ke setelan pabrik agar penyimpanan terasa longgar seperti baru lagi.

Nah itu dia beberapa manfaat reset data atau factory reset pada HP yang bisa menjadi pengetahuan bagi Anda. Lantas, bagaimana jika saya tidak sempat membackup data pada ponsel dan bagaimana cara mengembalikan akun Gmail yang hilang?

Tidak perlu khawatir, karena inti pada artikel ini adalah cara mengatasi HP lupa email setelah di reset. Untuk itu mari simak ulasan dibawah ini dengan seksama ya teman.

Cara Memulihkan Akun Google Setelah di Reset

Langkah 1. Menggunakan Alamat Email Pemulihan

Cara pertama untuk pemulihan akun Google yaitu dengan menggunakan alamat email pemulihan itu sendiri. Biasanya ketika pengguna mendaftarkan alamat email pastinya akan disuruh untuk mengisi alamat pemulihan.

Alamat pemulihan itulah yang bisa membantu Anda untuk memulihkan akun Google yang hilang atau telah di reset. Jadi sangat penting mengingat alamat email jika terjadi masalah seperti akun Google hilang dan sebagainya. Lantas bagaimana cara penggunannya?

Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama masuk dan login ke akun Gmail.
  • Masukan alamat email utama yang hilang dan telah di reset.
  • Klik tombol menu Next untuk melanjutkan.
  • Pada kolom Password pilih Forgot Password.
  • Masukan alamat email pemulihan yang tertaut pada akun Google utama.
  • Silahlan verifikasi melalui kode yang telah dikirim ke email pemulihan.
  • Salin atau Copy kode yang dikirim Google.
  • Tempel atau Paste kode tersebut dan klik Next.
  • Buat kata sandi baru untuk login ke akun utama.
  • Memulihkan akun Google yang direset selesai.

Langkah 2. Memakai Nomor Pemulihan

Cara memulihkan akun Google setelah di reset yang kedua yaitu dengan memanfaatkan nomor pemulihan yang tertaut pada akun Google utama. Sama halnya seperti mengisi alamat email, pasti Anda disuruh memasukkan nomor pemulihan pada saat daftar alamat email.

Nomor pemulihan yang tertaut pada akun Google itulah yang bisa membantu pengguna untuk memulihkan akun Google yang hilang atau terkena reset. Berikut cara memulihkan akun Google melalui NO HP:

  • Pertama masuk pada laman Gmail pada ponsel.
  • Masukkan alamat email yang hilang pada form login.
  • Pilih menu Next.
  • Pilih menu Forgot Password.
  • Silahkan memilih menu Try Another Way.
  • Maka Google akan memberikan beberapa opsi untuk menerima kode verifikasi.
  • Lalu Copy atau hafalkan kode verifikasi yang diberikan pihak Google.
  • Masukan kode pada kolom yang telah disediakan untuk verifikasi data.
  • Pilih menu Next.
  • Masukan kata sandi baru, buatlah kata sandi panjang dan tidak mudah ditebak.
  • Klik tombol Save Password untuk menyimpan perubahan kata sandi email yang hilang.
  • Ikuti alur Security Checkup untuk mengamankan akun Google agar tidak terkena reset lagi.

Langkah 3. Memakai Browser Google Chrome

Langkah ketiga ini sedikit berbeda dengan cara sebelumnya karena kali ini meminta bantuan dari Google secara langsung melalui tautan yang telah disediakan oleh pihak Google untuk mengatasi masalah akun Google yang hilang.

Dengan memanfaatkan tautan Google pemulihan memungkinkan pengguna bisa mengirimkan formulir kepada pihak Google agar bisa mengakses kembali akun Google (Gmail) yang hilang atau direset.

Langsung saja simak caranya berikut:

  • Pertama buka Google Chrome di ponsel yang digunakan
  • Pastikan sudah terkoneksi dengan jaringan internet
  • Masuk menggunakan akun Google pada link https://accounts.google.com/signin/recovery
  • Silahkan masukan akun Gmail yang hilang atau di reset
  • Pilih tombol Next
  • Pengguna akan diberikan beberapa pertanyaan untuk verifikasi akun Google
  • Ikuti petunjuk yang diberikan pihak Google untuk memulihkan Gmail
  • Buat kata sandi baru untuk masuk ke akun Google utama

Pastikan Anda menggunakan ponsel yang sering digunakan login pada akun Google tersebut. Pasalnya, pihak Google juga akan memverifikasi ponsel Anda apakah akun tersebut pernah login menggunakan ponsel ini atau tidak.

Jadi sebaiknya gunakan browser pada ponsel atau Smartphone yang sering lalu lintas menggunakan akun Gmail yang hilang atau terhapus karena di reset data.

FAQ

Apakah akun Google akan hilang ketika HP di reset?

Akun Google akan hilang ketika pengguna melakukan factory reset pada HP. Tidak hanya itu, semua data berupa file dan dokumen semua akan terhapus jika melakukan reset data pada ponsel.

Apakah bisa mengembalikan akun Google yang sudah dihapus?

Akun Google bisa dikembalikan jika sebelumnya akun tersebut tidak melanggar kebijakan komunitas Google. Pengguna harus konfirmasi dan verifikasi data sebelum melalukan request pemulihan akun Google.

Bagaimana sangat mudah sekali bukan? Anda bisa memilih memakai metode mulai dari langkah pertama sampai ketiga. Sesuaikan dengan kebutuhan dan pilih yang menurut Anda simpel.

Baca Juga : Cara Mematikan Data Whatsapp di Xiaomi

Kesimpulan

Akun Google yang hilang atau di reset bisa dikembalikan seperti semula jika penguna melakukan verifikasi data untuk mengindentifikasi bahwa Anda pemilik asli akun Google tersebut.

Cara memulihkan akun Google setelah di reset lupa sandi bisa menggunakan alamat email dan nomor HP pemulihan untuk bisa mengakses akun Google yang hilang dan terkena reset.

Jadi sebaiknya ketika Anda ingin mendaftarkan alamat email supaya lebih aman, Anda isi semua data seperti email pemulihan dan nomor pemulihan untuk menghindari kejadian seperti berikut i

Leave a Comment